Semua Harus 'Tau Diri'

Semua Harus 'Tau Diri'
Foto : Dokumentasi Pribadi Andy Tirta

Ditulis oleh: Andy Tirta*

Sesungguhnya, membangun bangsa dan negara ini gampang. Asal semua elemen bangsa harus "TAU DIRI". 
Para elite politik, politikus, para pemimpin  negara, pimpinan parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, para konglomerat dan pengusaha, semua harus "TAU DIRI".

Para pahlawan sudah mengorbankan harta dan nyawanya dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. 
Para pendiri bangsa sudah mempersiapkan pondasi  bangsa & negara, yakni Pancasila dan UUD 1945.

Pancasila dan UUD 1945 harus ditambah dengan "TAU DIRI".

Sebagus apapun sebuah sistem, tetapi apabila manusia-manusianya, pelakunya, operatornya tidak TAU DIRI, maka, akan rusak juga sistem itu dibuatnya. 

Kalau semua elemen bangsa TAU DIRI, terutama para pejabat yang digaji dan difasilitasi hidupnya pakai uang negara mulai dari Presiden, Menteri, Anggota Dewan, hingga Lurah, semua bisa TAU DIRI, maka, semua akan sungguh-sungguh fokus bekerja untuk membangun bangsa & negara. 

Mereka semua TAU DIRI bahwa mereka telah dipilih oleh Rakyat, digaji dan dikasih fasilitas pakai uang rakyat. Mereka diberikan kepercayaan oleh rakyat, dipilih oleh rakyat, diberikan mandat oleh rakyat, untuk membangun negara ini. Agar rakyat bisa hidup makmur dan sejahtera. 

Bukankah Presiden, Para Menteri, Para Anggota Dewan, para petinggi, para pembesar negara itu sudah diberikan gaji dan fasilitas yang bagus? Mereka semua sudah hidup sejahtera dan makmur? 
Jadi, apabila mereka semua TAU DIRI, tentu mereka akan merasa bertentangan dengan hati nurani apabila mereka tidak bekerja sungguh-sungguh dalam membangun bangsa & negara. Apabila mereka semua TAU DIRI, tentu mereka tidak akan mengutamakan kepentingan pribadi, kelompoknya atau partainya, melainkan hanya mengutamakan kepentingan rakyat. 

Apabila mereka semua TAU DIRI, tentu mereka tak akan mengkhianati Rakyat yang telah memilih mereka, mempercayai mereka, menggaji dan memberikan fasilitas berupa mobil, rumah, biaya pengobatan, dll. 
Bahkan sampai memberikan uang pensiun buat mereka semua! 

Jadi, kalau mereka semua adalah manusia-manusia yang TAU DIRI tentu mereka berakhlak baik dan akan sungguh-sungguh bekerja membangun nusa dan bangsanya. Supaya bangsanya itu menjadi bangsa yang bermartabat dan terhormat di Mata dunia. Mereka tentu akan berupaya kerja keras untuk memakmurkan dan menyejahterakan seluruh rakyatnya. 

Mereka yang TAU DIRI itu tentu tidak akan lagi merampok uang rakyatnya, bukan?? 

Setelah pensiun nanti, mereka itu akan tetap hidup berdampingan dan dekat dengan rakyatnya. 
Mereka akan menjadi guru bangsa, bapak bangsa, tokoh masyarakat. 
Mereka pun akan hidup tenteram dan nyaman di masa tuanya hingga akhir hayatnya. 

Andy Tirta, Ketua Umum Barisan Pencinta Pancasila (SANTALA)