Rapat Serah-Terima SK Pengangkatan Para Ketua DPC Dan Ketua DPD Barisan Pencinta Pancasila

Rapat Serah-Terima SK Pengangkatan Para Ketua DPC Dan Ketua DPD Barisan Pencinta Pancasila
Ketua Umum Andy Tirta sedang menyerahkan SK kepada Ketua DPC Jakarta Timur, Sri Wulan Ningrat, disaksikan seluruh hadirin. Tampak Kabid Humas Flora Marpaung dan Ketua Dewan Pengawas, Luma Sahap.
Rapat Serah-Terima SK Pengangkatan Para Ketua DPC Dan Ketua DPD Barisan Pencinta Pancasila
Rapat Serah-Terima SK Pengangkatan Para Ketua DPC Dan Ketua DPD Barisan Pencinta Pancasila
Rapat Serah-Terima SK Pengangkatan Para Ketua DPC Dan Ketua DPD Barisan Pencinta Pancasila
Rapat Serah-Terima SK Pengangkatan Para Ketua DPC Dan Ketua DPD Barisan Pencinta Pancasila
Rapat Serah-Terima SK Pengangkatan Para Ketua DPC Dan Ketua DPD Barisan Pencinta Pancasila

Barisan Pencinta Pancasila (SANTALA) mengadakan Rapat Serah Terima SK Pengangkatan Ketua DPC Jakarta Timur, Ketua DPC Jakarta Utara dan Ketua DPD Jawa Barat.
Acara diadakan di Cafe Ali Kopi Daan Mogot Baru, Jakarta Barat, pada Hari Sabtu, 12 Juni 2021, pukul 13.30 - 15.30 WIB.

Acara berlangsung sukses dan hangat.

Rapat dibuka dan diberi kata sambutan oleh Ketua Umum Andy Tirta. 

Kemudian, Ketua Dewan Pengawas, Bang Luma Sahap memberikan pengarahan kepada Para hadirin. Bahwa kita sebagai anak bangsa harus mencermati dan senantiasa mewaspadai adanya ancaman dan gangguan-gangguan intoleransi, radikalisme dan terorisme yang terus-menerus merongrong Pancasila dan NKRI. Bang Luma memberikan semangat buat seluruh Dewan Pengurus dan para Ketua yang hadir beserta jajarannya untuk tetap semangat bersama-sama membesarkan SANTALA.

Ketua Umum, Andy Tirta, menyampaikan Visi organisasi SANTALA adalah melahirkan manusia-manusia Indonesia yang berjiwa Pancasilais, mencintai NKRI, dan bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk mewujudkan Visi tersebut, kita selaku anak bangsa wajib membantu negara, membantu pemerintah, menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada seluruh komponen bangsa.

Dalam proses kultivasi dan penanaman nilai-nilai Pancasila tentu harus seiring dengan pemberdayaan  ekonomi masyarakat. 

Sebagaimana dalam diskusi publik yang pernah diselenggarakan oleh Barisan Pencinta Pancasila pada 5 Oktober 2019 yang silam, yang menyimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai Pancasila tidak akan ter-delivery dengan baik apabila perut rakyat masih lapar.
Itulah makanya, perlu pemberdayaan ekonomi rakyat. Baru diharapkan penanaman nilai-nilai Pancasila akan sukses.

Sementara, dalam nilai-nilai Pancasila sudah terkandung nilai gotong-royong.

Maka, salah satu Misi SANTALA adalah mengadakan bakti sosial, membantu warga masyarakat sekitar yang hidupnya kurang beruntung. SANTALA rutin membagi-bagikan beras dan sembako.

Donasi dikumpulkan dari Para Pengurus, Pengawas, Pembina, Penasihat dan para anggota maupun simpatisan. Donasi-donasi yang terkumpul dipakai untuk mengadakan baksos maupun donasi untuk membantu meringankan biaya pengobatan warga yang membutuhkan.

Disampaikan oleh Ketua Umum, Andy Tirta, agar para Ketua DPC dan Ketua DPD membesarkan SANTALA antara lain dengan merekrut para pengurus di bawahnya dan memperbanyak anggota. Dengan memiliki banyak anggota tentunya diharapkan penanaman nilai-nilai Pancasila akan menjadi lebih sukses.

Ketua DPD Jawa Barat, Ibu Wida Hendrawati, mengatakan bahwa beliau di daerah Bandung juga aktif sebagai pengurus organisasi UMKM. Disana banyak masyarakat kelas bawah yang barangkali tak mampu membayar iuran Rp 100.000,-. Karena itu, barangkali ada kebijakan dari DPP khusus untuk anggota kelas  bawah diringankan biaya iuran dengan mencetak Kartu Tanda Anggota (KTA) tidak memakai kartu Flazz, tetapi cukup memakai kartu biasa yang lebih murah.

Ketua DPC Jakarta Timur, Ibu Sri Wulan Ningrat, yang juga pengusaha. Tentu dengan pengalaman yang ada akan lebih mudah mengelola dan membesarkan Bayi SANTALA. 

Begitupun Ketua DPC Jakarta Utara, Bapak M. Ilham Kurniawan, yang juga seorang pengusaha dan aktif di organisasi NU.

Dengan demikian, diharapkan para Ketua tersebut dapat bekerja optimal dan berimprovisasi sesuai pengalaman dan bidang masing-masing di dalam membesarkan Bayi SANTALA.

Mari kita sebagai anak bangsa, bangkit, bergerak, bekerja bersama pemerintah memberdayakan ekonomi warga masyarakat di sekitar kita dan seiring dengan itu kita tanamkan nilai-nilai Pancasila.

Ketika kita sebagai anak bangsa telah membantu para warga masyarakat yang hidupnya tidak seberuntung kita, di saat itulah sesungguhnya, kita sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila. Kita bagi-bagi beras atau sembako atau masker atau bantuan biaya pengobatan. Sesungguhnya, kita sudah mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam hidup sehari-hari.

Sebagai Ketua Umum saya mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada seluruh Sahabat SANTALA yang telah menghadiri Rapat.

Terima kasih kepada Ketua Dewan Pengawas, Bang Luma Sahap, yang sudah bersedia datang dari Halim Perdanakusumah ke Cengkareng.

Terima kasih kepada Ibu Ketua DPC Jakarta Timur, Sri Wulan beserta jajarannya, yang telah  menghadiahkan saya sebuah Kue Ultah. Terima kasih juga kepada Ibu Dwi Elvi yang membuatkan Kue ultah yang enak itu. 
Saya terharu. Meskipun kita semua baru kenal lewat organisasi tercinta ini, tetapi, Kawan-kawan sudah melakukan hal-hal yang penuh persahabatan dan persaudaraan. Terima kasih.????

Kepada Ketua DPC Jakarta Utara, Bapak M. Ilham Kurniawan, yang telah bersedia hadir di tengah kesibukannya selaku pengusaha maupun pimpinan organisasi NU , saya ucapkan terima kasih.

Kepada Ketua DPD Jawa Barat, Ibu Wida Hendrawati beserta jajarannya, yang dengan semangat bersedia menempuh perjalanan jauh dari Bandung ke Cengkareng, Jakarta Barat. Saya ucapkan terima kasih.
Tak lupa pula saya ucapkan terima kasih sekali lagi saya dihadiahi sepotong kemeja bagus yang berlogo Barisan Pencinta Pancasila. 

Kepada Bapak Rudy Gunawan, seorang anggota Barisan Pencinta Pancasila yang aktif di group WA, turut hadir dan bahkan beliau memberikan hadiah makanan seperti makaroni, aneka bumbu masak, maizena, dll. kepada para hadirin. Terima kasih, Pak Rudy Gunawan.

Kepada Ketua Bidang Humas, Flora Marpaung, terima kasih atas waktunya datang menghadiri rapat SANTALA.

Kepada Bang Daud Usman, Banser Ansor yang juga Ketua Bidang Antar Lembaga SANTALA juga meluangkan waktunya untuk hadir.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih banyak kepada Ketua Bidang Dokumentasi, Ibu Mitha Cantika yang sudah mendokumentasikan acara rapat dengan kamera henponnya.

Semoga ke depan SANTALA semakin jaya, maju dan berkembang demi untuk kepentingan masyarakat,  bangsa dan negara tercinta.

Salam Pancasila.


Andy Tirta
Ketua Umum Barisan Pencinta Pancasila (SANTALA).